S.T.O.P > Tanya Jawab
| Tanya Jawab | Obat |
Tanya Jawab Seputar Obat
T: Apakah membeli obat melalui internet itu aman?
J: Suatu riset di Amerika Serikat mengindikasikan 80 % barang yang dibeli dari situs internet adalah ilegal. Permasalahan dengan pembelian lewat internet ini adalah karena sumbernya tidak jelas/tidak bisa diverifikasi. Bahkan situs-situs internet dari negara terpercaya seperti Kanada, belum tentu bisa dipercaya. Kami merekomendasikan Anda untuk tidak membeli obat lewat internet karena melanggar hukum dan peraturan Indonesia. Selain itu laporan mengindikasikan bahwa Kantor Bea Cukai akan menyelidiki obat tersebut serta membebankan cukai yang sangat tinggi.
T: Mengapa obat yang saya beli terlihat beda dari biasanya?
J: Ini merupakan tanda dan Anda harus mengkonfirmasi. Kemungkinan besar obat yang Anda beli dulu adalah palsu dan saat ini yang Anda beli adalah yang asli atau sebaliknya. Kami menyarankan Anda untuk melapor kepada produsen obat tersebut sehingga mereka bisa menyelidikinya. Simpan kemasan obat maupun tanda terima dari tempat Anda membeli sebagai bukti yang nantinya bisa menjawab pertanyaan Anda.
T: Kemasan obat berbeda dari yang biasa saya beli?
J: Ini merupakan tanda dan Anda harus mengkonfirmasi. Kemungkinan besar obat yang Anda beli dulu adalah palsu dan saat ini yang Anda beli adalah yang asli atau sebaliknya. Kami menyarankan Anda untuk melapor kepada produsen obat tersebut sehingga mereka bisa menyelidiki. Simpan kemasan obat maupun tanda terima dari tempat Anda membeli sebagai bukti yang nantinya bisa menjawab pertanyaan Anda.
T: Siapakah yang dapat membantu memeriksa apakah obat yang saya beli adalah asli?
J: Orang pertama yang dapat membantu adalah apoteker atau ahli farmasi yang terpercaya. Jangan tanyakan kepada orang di tempat Anda membeli obat karena pasti dia akan mengatakan obat itu asli walaupun sebenarnya palsu. Apabila Anda masih ragu-ragu, coba untuk hubungi kami lewat situs ini. Sebaiknya simpan semua bentuk dan kemasan obat karena dapat membantu.
T: Apa yang saya harus lakukan apabila setelah membeli obat semprotan, ternyata alatnya tidak bekerja dengan baik ?
J: Kembalikan obat kepada apoteker/ahli farmasi dan minta produk pengganti. Apotek yang terpercaya tidak akan keberatan mengganti seperti juga perusahaan mengganti produk mereka yang cacat. Bila Anda berpikir telah membeli obat palsu atau sang apoteker menolak untuk membantu, jangan ragu-ragu untuk menelpon produsen obat.
T: Saya terkena efek samping, padahal sebelumnya tidak pernah?
J: Ini merupakan tanda dan Anda harus mengkonfirmasi. Kemungkinan besar barang/obat yang Anda beli dulu adalah palsu dan saat ini yang Anda beli adalah yang asli. Kami menyarankan Anda untuk melapor kepada perusahaan produsen sehingga mereka bisa menyelidiki. Simpan kemasan obat sebagai bukti yang nantinya bisa menjawab semua pertanyaan Anda.
T: Obat yang saya pakai tidak manjur lagi?
J: Ini merupakan tanda dan Anda harus mencari tahu. Kemungkinan besar obat yang Anda beli dulu adalah asli dan saat ini yang Anda beli adalah yang palsu. Kami menyarankan Anda untuk melapor kepada produsen sehingga mereka bisa menyelidikinya..
T: Apakah dengan saya membeli obat mahal dari perusahaan multinasional berarti saya terhindarkan dari pemalsuan?
J: Para pemalsu obat sekarang ini akan melakukan cara apapun supaya Anda tidak curiga. Studi kasus yang dilakukan IPMG sering menemukan kalau obat palsu justru dijual sama dengan harga obat asli, bukan lebih murah.
T: Jika saya mencurigai obat yang saya beli palsu, kemana saya harus melapor?
J: Ada beberapa pilihan cara bagaimana Anda dapat melaporkan obat yang diduga palsu.
  • Anda bisa melaporkan dengan menghubungi perusahaan pembuat obat tersebut secara langsung dengan memberikan bukti yang ada. Tentunya mereka akan memastikan Anda mendapatkan produk yang benar.
  • Anda juga bisa menginformasikan temuan pemalsuan yang Anda alami lewat situs ini. Kemudian suatu perusahaan sekuriti akan mengumpulkan informasi dan memberitahukan perusahan obat yang bersangkutan. Laporan Anda akan ditangani secara rahasia dan bila diperlukan kami akan menghubungi Anda.

 Kami akan sangat menghargai usaha Anda karena dapat menolong yang lain terhindar dari obat palsu.
T: Apabila saya tahu ada toko obat yang menjual obat palsu, bisakah saya melaporkannya?
J: Ada beberapa pilihan cara bagaimana Anda dapat melaporkan toko obat yang diduga menjual obat palsu.
  • Anda bisa melaporkan dengan menghubungi perusahaan obat-obatan secara langsung.
  • Anda juga bisa menginformasikan temuan pemalsuan yang Anda alami lewat situs ini. Kemudian suatu perusahaan sekuriti akan mengumpulkan informasi dan memberitahukan perusahan yang bersangkutan. Laporan Anda akan ditangani secara rahasia.
T: Biasanya hanya obat berbentuk tablet dan sirup yang dipalsukan karena mudah membuatnya?
J: Tidak benar. Data statistik menunjukkan bahwa tehnik pemalsuan sekarang semakin canggih sampai dengan bahan-bahan seperti krim, injeksi, obat hirup dan lain-lain.
T: Apoteker saya mengatakan bahwa obat yang diimpor dari luar negeri itu harganya lebih murah karena khusus dimpor daripada yang tidak. Apakah benar begitu?
J: Jika ahli farmasi Anda menjual obat impor, hampir bisa dipastikan bahwa dia telah membeli produk illegal dan resiko Anda terkena pemalsuan semakin tinggi. Coba untuk mengecek kemasan apakah sudah sesuai dengan hukum di Indonesia. Apotik telah membeli obat dari sumber yang tidak terpercaya dan dia sendiri belum tentu menyadari kalau telah menjual obat palsu. Kami akan sangat menghargai bila Anda melapor kasus obat palsu yang Anda alami agar kami dapat melakukan tindakan lebih lanjut.
T: Bagaimana saya bisa cek kalau obat itu asli?
J: Yang paling berkompeten memberikan jawaban kepada Anda adalah perusahaan obat yang bersangkutan. Untuk detail nama produsen dapat dilihat pada kemasan obat.   Kami menyarankan Anda menyimpan kemasan obat yang dapat membantu dalam pemeriksaan.
T: Bagaimana cara memilih apotik yang benar?
J: Pada apotik yang terpercaya mereka menyimpan dan menempatkan obat dalam atura yang seharusnya seperti temperatur yang sesuai.. Apabila si penjual tidak menyimpan obat-obatannya dengan benar, sebaiknya cari di tempat lain.
T: Saya membeli obat secara eceran dan tidak mendapat bungkus. Bisakah saya minta si penjual untuk memperlihatkan bungkus obatnya?
J: Ya. Sangat penting untuk tahu asal usul obat tersebut. Jadi Anda berhak tahu dan si penjual juga berkewajiban memperlihatkannya pada Anda. Apabila dia menolak, sebaiknya cari tempat lain yang lebih terpercaya.
T: Apakah saya terhindar dari resiko obat palsu bila membeli obat dengan harga normal, karena biasanya obat palsu dijual dengan harga lebih murah?
J: Salah: apabila harganya lebih murah tentunya Anda harus curiga. Kebanyakan obat palsu justru dijual dengan harga yang kurang lebih sama dengan obat asli atau bahkan lebih mahal untuk memberi kesan ‘asli dan terpercaya’. Dalam beberapa kasus bahkan si penjual obat tidak sadar telah menjual obat palsu karena dia membeli stok dari jalur tidak resmi sehingga harga bukanlah menjadi patokan.


Berita Utama
»
Muhammad Abdi Amna -- kabar24.bisnis.com -- Jumat, 15/01/2016
»
YOHANES PASKALIS -- tempo.co -- Selasa, 12/01/2016
»
Gervin Nathaniel Purba -- metrotvnews.com -- Selasa, 22/12/2015
»
citraindonesia -- Selasa, 22/12/2015
»
rri.co.id -- Sabtu, 12/12/2015
Berita Lain
»
Mutia Ramadhani -- republika.co.id -- Jumat, 04/12/2015
»
Syamsul Anwar Khoemaeni -- okezone.com -- Senin, 07/12/2015
»
jpnn.com -- Sabtu, 05/12/2015
»
Media Indonesia -- Selasa, 10/11/2015
»
Yudha Satriawan -- voaindonesia.com -- Kamis, 10/09/2015
Poster