Berita > Arsip Berita
Arsip Berita | Situs
2015, BPOM Musnahkan Rp47,8 Miliar Produk Ilegal
Shahnaz Yusuf - bisnis.com -- Selasa, 08/12/2015
Jakarta – Badan Pengawas Obat dan Makanan menyatakan bahwa sejak periode Januari-November 2015 pemusnahan atas produk ilegal telah mencapai Rp47,8 miliar dari temuan produk yang telah diamankan senilai Rp140 miliar.Nominal tersebut berasal dari temuan produk ilegal obat, obat tradisional, kosmetik, makanan dan minuman serta nilai konversi dari bahan baku obat tradisional. Adapun nilai produk yang dimusnahkan tahun ini naik dibanding tahun lalu yang berkisar Rp26,6 miliar.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Roy Alexander Sparringa mengatakan bahwa pihaknya menyadari sudah banyak tanggapan atas sanksi dari tindakan pemalsuan tersebut yang  belum memberikan efek jera terhadap pelaku. Menurutnya, BPOM memiliki keterbatasan dalam menindaklanjuti hasil temuan tersebut dan sudah berupaya melakukan yang terbaik untuk memperketat pengawasan.

“Memang BPOM punya kewenangan untuk memusnahkan, tapi tetap ada prosesnya. Untuk mencari pelaku, harus ada alat bukti yang sah. Harus pro justicia, lakukan penyelidikan hingga diberikan izin untuk tindaklanjuti ke pemusnahan,” ujarnya, Senin (7/12/2015).

Kendati belum semua produk temuan mendapat izin untuk dimusnahkan, dia mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya menindaklanjuti proses penyelidikan dan pengadilan agar seluruh hasil temuan dan pelaku bisa mendapat sanksi yang setimpal.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha (GP) Jamu Dwi Ranny Pertiwi Zarman mengatakan bahwa mestinya pemerintah tidak hanya menindaklanjuti hasil temuan, namun juga memproses pihak yang bertanggung jawab atas peredaran produk ilegal tersebut.

“Ini sudah kami pertanyakan ketika BPOM bikin public warning. Kenapa tidak langsung dipidanakan saja, supaya jera. Itu bahaya bagi masyarakat dan mengganggu pelaku usaha yang resmi. Jadi orangnya bukan hanya diberi peringatan saja, tidak akan jera,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa bagi pelaku usaha, maraknya produk ilegal berdampak pada pangsa pasar yang berkurang dan juga munculnya rasa ketidakpercayaan masyarakat terhadap obat tradisional secara keseluruhan.
Kembali
Doughboy
15/07/2016 18:07:56
Just the type of inhisgt we need to fire up the debate. http://sachmqon.com [url=http://inwzhxqwclr.com]inwzhxqwclr[/url] [link=http://mvcgxyioqd.com]mvcgxyioqd[/link]
Darrance
15/07/2016 10:07:32
I was selirusoy at DefCon 5 until I saw this post.
Kaden
13/07/2016 12:07:50
That really cateprus the spirit of it. Thanks for posting. http://wizrkrgpp.com [url=http://ojoqhmb.com]ojoqhmb[/url] [link=http://hmmzut.com]hmmzut[/link]
Kenisha
12/07/2016 08:07:20
Toohwducn! That`s a really cool way of putting it!
Tawny
11/07/2016 04:07:17
El que tenga tiempo, y tenidneo en cuenta que la libra se va a poner por los suelos le va a salir un traje de Kalgour o de Anderson & Sephard por el mismo precio que uno en Madrid.
 1  Komentar Lainnya >>

Isi Komentar Anda
Nama
Email
Komentar
Mak [600] Karakter
Verifikasi kode