Berita > Arsip Berita
Arsip Berita | Situs
BPOM Sita Ribuan Obat Ilegal dan Produk Kosmetik di Solo
Yudha Satriawan -- voaindonesia.com -- Kamis, 10/09/2015
SOLO - Tumpukan kardus tampak di teras sebuah rumah di perumahan di Baturan Colomadu, perbatasan Solo-Karanganyar, Kamis sore (3/9).Petugas berseragam satpol Pamong Praja, kepolisian, dan lainnya terlihat mengeluarkan tumpukan kardus dari dalam rumah tersebut. Ada kardus bertuliskan Black Magic Shampoo, re-born cosmetic, hingga kardus tulisan huruf Thailand dan China.

Juru bicara Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Semarang, Zeta Rina Pudjiastuti, saat ditemui di lokasi penggerebekan gudang produk kosmetik dan obat tersebut, mengatakan hampir semua produk yang ditemukan ini ilegal dan ada yang produk impor.

Menurut Zeta, seluruh produk ini disita dan pelaku dijerat Undang-undang kesehatan dengan ancaman pidana 15 tahun penjara.

“Kami dari tim satgas pemberantasan obat dan makanan dari BPOM di Semarang bersama Polda dan Bea Cukai, sore ini melakukan penertiban mengenai produk yang ilegal berupa kosmetik, obat tradisional, dan obat. Ini berdasarkan data infomrasi dan penelusuran secara online, karena produk ini dijual secara online, memiliki website di Internet," ujarnya.

"Kita temukan produk-produk tersebut tidak memiliki izin edar. Bahayanya jelas, kalau tanpa izin edar, produk itu pasti tidak dijamin keamanannya. Misalnya, bisa menimbulkan gatal, alergi, iritasi hingga kanker kulit dalam jangka panjang," katanya.

Zeta mengatakan produk ilegal itu berjumlah banyak dengan beragam merk, mencakup masker, krim pemutih sampo dan sebagainya.

"Ada sebagian yang produk impor, dari Amerika, ada juga ada yang tidak berbahasa Indonesia dan hanya berisi tulisan aksara Thailand..banyak merk. Kalau jumlah totalnya unit produk banyak sekali, masih kita hitung. Di dalam tumpukan kardus..yang jelas ada sekitar 150 item berbagai jenis produk. Ini kita sita semuanya," ucapnya.

Selain BPOM, tim ini juga melibatkan Polda Jawa Tengah dan kantor bea cukai. Penggerebekan gudang kosmetik dan obat ilegal ini mengagetkan para warga sekitar.

“Pemilik dan karyawan di rumah itu selalu bertengkar dengan tetangga. Bahkan kami akan mengirimkan surat keberatan dengan aktivitas di rumah itu. Kami tidak tahu mereka usaha apa, selalu tertutup dengan warga sekitar," ujar seorang warga bernama Bayu.

Tumpukan ratusan kardus berisi ribuan produk kosmetik dan obat impor ilegal ini diangkut dengan truk untuk pemeriksaan kasus dan barang bukti.
Kembali
Isabella
21/01/2017 03:01:36
Biblia mówi o bogaczu który wiele planowaÅ‚, nie wiedzÄ…c że na drugi dzieÅ„ umrze. Warto ci tak ryzykować tym, że Å›mierć uprzedzi twój podstÄ™p i zaskoczony odzzediiczysz ogieÅ„? Poza tym grzeszyć z myÅ›lÄ… że Bóg na pewno wybaczy, to zakrawa na grzech przeciw Duchowi ÅšwiÄ™temu – a czy taki jest wybaczalny to doczytaj w Biblii i zapytaj zastÄ™pców Jezusa na ziemi
Wilhelmina
21/01/2017 03:01:32
Just came across your website via a tweet thread. As a (sometime) travel writer and would-be wanderer, I am fascinated to know a bit more about the prelitcacitias of your life. Do you mind my asking what your your occupation was before you left London, and whether you intend to pick it up once you settle down in Spain? Good luck to you and your son on the rest of your journey. It sounds amazing.
Grizzly
21/01/2017 03:01:25
AdminOctober 1, 2011 at 7:48 pmAll learning to be happy comment threads are â€oofdœllow” for links.If you have something relevant to add, please feel free to contribute and post a link.Comments with links will not be approved if they are spam, no/low content, not relevant, contain multiple links, or not helpful. Thank you.
Chelsi
21/01/2017 03:01:24
uhm , nella prima foto l`oggetto più grande ha attraversato anche un avltlvamenao, però forse aveva accumulato nella discesa sufficiente energia cinetica per superarlo.
Ziarre
21/01/2017 03:01:14
I have always wanted to read all of her books, but never got around to. Rectleny I have joined the Jane Austen book club and that helped me pick up the book. I believe this is the first of her books that I have actually
 << Komentar Sebelumnya 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  11  12  13  14  15  16  17  18  19  20  21  22  23  24  25  26  27  28  29  30  31  32  33  34  35  36  37  38  39  40  Komentar Lainnya >>

Isi Komentar Anda
Nama
Email
Komentar
Mak [600] Karakter
Verifikasi kode